Saturday, March 3, 2012

Rest in Love, Yudha Prasetya Bhaskara :')



Kamis, 1 Maret 2012 adalah hari yang dipilih Semesta untuk memanggil teman saya Yudha Prasetya Bhaskara kembali ke pangkuanNYA. 

Bagi Yudha, yang sudah berjuang melawan penyakitnya selama dua bulan, mungkin ini saat yang ditunggu2. Saat dimana lepas segala rasa sakit yang dideritanya, terlepasnya rasa lelah menjalani fisioterapi, suntikan infus yang bertubi2 menembus kulitnya dan rasa tertekan menjalani hidup di rumah sakit. 

Hari itu adalah saat dimana Yudha bertemu dengan penciptanya.

Tetapi bagi saya, hari itu adalah hari perpisahan. Hari dimana kami akan menjalani perjalanan masing-masing di dua dimensi yang berbeda. entah apa yang akan terjadi pada Yudha, tapi saya meyakini, ia akan mendapati tempat yang layak disisiNYA. 

Sejenak setelah saya mendapatkan kabar kepergian Yudha, kenangan saya tentangnya membludak di kepala. Tidak henti2nya otak ini memuntahkan rekaman2 peristiwa masa lalu yang terlihat jelas di pelupuk mata. Saya tertegun sejenak, karena mendapati ingatan peristiwa itu memiliki gambar yang monoton, itu2 saja, yaitu tertawa. Ya, kami selalu tertawa jika bersama. 


Persamaan saya dan Yudha jelas, kami selalu mentertawakan hidup. Apapun peristiwanya kami selalu melihat segala sesuatu dengan jenaka diikuti gelak tawa tiada henti. Hidup terlalu singkat untuk dibuat sedih, dan kami memilih tertawa untuk melepas energi negatif kami. 

Memori saya terus mencari peristiwa dimana kami pertama kali bertemu. Kita memang tidak menemui kesulitan dengan karakter masing2 dan secepat itulah kami memutuskan untuk berkawan. Kami melalui masa2 SMA dengan menyenangkan meski terasa singkat. Perjalanan kami pun terpisah, Yudha memilih bersekolah di Yogya, saya tetap di Jakarta. 

Setelah 4 tahun terpisah, Jaringan social media yang mempertemukan kami kembali, lewat  facebook, dan terakhir lewat twitter. Kami tetap menjaga pertemanan via dunia maya, padahal masing2 telah berada dalam satu kota yang sama. Ironis memang, dan salah satu yang saya sesali.

Sebagai teman saya merasa gagal, gagal menangkap ada ketidakberesan pada tubuh Yudha yang semakin melemah. Semua Yudha ungkapkan kedalam twitternya, tetapi semua terlewatkan, entah mengapa saya tidak pernah membaca semua tweetnya. Waktu kita sepertinya berbeda, Yudha memang selalu memilih tengah malam untuk mencurahkan perjuangannya melawan sakit, saat yang sama dimana saya terlelap. Memang itu bukan menjadi suatu alasan, sebagai teman, harusnya saya tahu kondisi Yudha. Terlalu dangkal jika hanya menyalahkan waktu.


Disaat-saat terakhirnya, Yudha selalu ada untuk saya dengan caranya yang berbeda. curahan kesendirian saya selalu ditanggapi dengan bijak. Tidak mentertawakan seperti biasa. Sepertinya ia sudah berubah, menjadi sosok yang lebih matang. Lewat guyonannya yang khas, ia selalu memberi semangat.  Mungkin cobaan Semesta pada penyakitnya telah mengubah Yudha menjadi sesosok yang kuat.


Sepanjang hidup, saya akan selalu menyesali. Menyesali saat dimana saya terlambat mengetahui ia dirawat di RS, terlambat mengetahui kondisi dia yang semakin drop, bahkan di saat kritis saya justru meluangkan waktu sendiri dibandingkan pergi menjengukmu. Terlambat memang, satu hari disaat saya menikmati waktu saya, adalah satu hari dimana perjalanan hidup Yudha di dunia berakhir. Kepingan waktu kita yang hilang hanya dapat saya retas kembali lewat foto-foto Yudha. Ia memang terlihat mengurus dari waktu-waktu. Dan sekali lagi, saya tidak menyadari itu. Rasanya semakin sulit memaafkan diri sendiri.

6 Februari 2012, his b'day.

Percakapan kami untuk terakhir kalinya jelas menunjukkan bahwa Yudha sudah pasrah. 

our last conversation on twitter 29 February 2012
@pebew: @ratrindah : surviving,dzikir, dzikir, dzikir. di rspp

Tetapi ego saya sungguh keterlaluan tidak melihat itu sebagai pertanda waktunya hampir habis. Kata maaf sepertinya tidak akan cukup. Mungkin, hanya panjatan doa yang dapat saya lakukan untuk menebus kegagalan saya menjadi teman yang baik. Semoga Yudha bahagia di tempatnya yang layak. amin

Selamat jalan Yud, already miss you a lot.

i always loooove this picture, you looked awesome!!

Photo source: Facebook

No comments:

Post a Comment